IPB Talk Agroindustry Revolusi Industri Keempat (Industry 4.0)

Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) Fakultas Teknologi Pertanian IPB, bersama Direktorat Riset dan Inovasi (DRI) IPB, Asosiasi Agroindustri Indonesia (AGRIN), dan IPB Science and Techno Park bekerjasama telah menyelenggarakan Kegiatan Talk on Agroindustry 4.0 dalam rangka penguatan pendidikan tinggi teknologi industri pertanian (agroindustri) melalui peningkatan komunikasi dan menghimpun masukan dari para stakeholders guna menghasilkan SDM dan inovasi berkualitas untuk menghadapi tantangan regional dan global, serta mengambil peluang di era Agroindustri 4.0. Dari sisi TIN, hasil dari pembahsan ini digunakan untuk pengkayaan muatan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan dengan memasukkan isu-isu strategis terkini di bidang agroindustri, guna menyiapkan sumberdaya manusia agroindustri yang dapat menjawab tantangan regional dan global dan mengambil peluang di era Agroindustri 4.0. Kegiatan ini diselenggarakan pada Tanggal 15 Januari 2018 bertempat di IPB Science and Techno Park, Kampus IPB Taman Kencana Bogor.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Anas M. Fauzi, MEng., Wakil Rektor IPB Bidang Riset dan Kerjasama. Narasumber kegiatan ini adalah Sony Sulaksono (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Industri dan Kekayaan Intelektual, Kementerian Perindustrian) dengan teme pembahasan “Kebijakan industri nasional di era disrupsi teknologi”, dan Ir. Adhi S. Lukman (Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia/GAPMMI) dengan tema pembahasan “Tren perkembangan agroindustri, serta tantangan dan peluang bagi SDM agroindustri”.

Kegiatan ini dihadiri oleh sebagian besar Alumni program studi Teknologi Industri Pertanian yang bekerja di Lembaga Pendidikan (akademisi), peneliti, Industri, anggota asosiasi maupun Pemerintah. Hasil kegiatan ini adalah kesiapan sektor agroindustri dan kemampuan menghadapi perubahan besar dalam revolusi industri keempat (Industry 4.0). Konsekuensinya perguruan tinggi harus mampu menghasilkan SDM dan inovasi yang memungkinkan diterapkannya pendekatan dan kemampuan yang diperlukan untuk membangun sistem agroindustri yang inovatif dan berkelanjutan. Acara ditutup dengan ramah taman dan kunjungan ke fasilitas IPB Science and Techno Park, Kampus IPB Taman Kencana Bogor.

Sumber : TIN IPB


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *