Bingung melakukan presentasi???

Bagi siapapun yang pernah atau akan melakukan presentasi, ada saatnya bagi kita kesulitan untuk membuat presentasi yang menarik dan disukai oleh audiens. Kemampuan presentasi dan komunikasi secara umum sangat penting karena bisa memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita untuk menyampaikan ide dan informasi dari kita dapat tersampaikan dengan baik ke audiens. Kita dapat mengungkapkan ide atau gagasan dengan kuat, meningkatkan rasa percaya diri, memperkuat level pengaruh pribadi dan mengembangkan kesuksesan karir.

Ini berarti kita tidak dapat menyepelekan setiap presentasi yang kita lakukan. Apapun presentasi kita, harus mampu membuat presentasi yang tidak hanya baik, namun juga harus mampu menampilkan presentasi yang hebat. Yaitu presentasi yang efektif dan menarik sekaligus meyakinkan. Jangan sampai terjadi pada saat kita melakukan presentasi, audiens hanya duduk mendengarkan presentasi, dan audiens bisa mudah mengantuk, lalu tertidur, atau merasa bosan, bingung, bahkan kewalahan karena terjangan informasi. Kita harus sudah tahu tantangan apa yang pasti Anda hadapi: merebut ketertarikan audiens dan menjaga keterlibatan mereka.

http://strategimanajemen.net/apps23/wp-content/uploads/2017/12/present-re.jpg

Tentu, berbekal teknik dan pendekatan yang tepat, kita bisa mengubah topik presentasi khususnya topik yang berkaitan dengan akademik yang paling membosankan pun menjadi penyajian yang menarik, bermakna, dan aplikatif. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat presentasi adalah:

  1. Keterampilan dalam membuat materi (content). Sesuaikan materi yang kita buat dengan kebutuhan audiens, sesuaikan waktu presentasi dengan waktu yang tersedia, materi presentasi mengandung muatan yang kuat, materi presentasi harus terstruktur dengan baik dari mulai pendahuluan, isi dan penutup.
  2. Keterampilan membuat tampilan presentasi. Sesuaikan tampilan presentasi dengan audiensnya, harus tahu cara mengoptimalkan setiap elemen utama untuk menciptakan tampilan slide yang profesional dan berkelas. Tentukan point-point penting dari materi anda, gunakan sedikit mungkin teks.
  3. Keterampilan menyampaikan. Presenter merupakan bintang utama, materi yang baik tidak dapat disampaikan kepada asudiens. Teknik menyampaikan materi diantaranya membuka materi, menutup materi, menggunakan bahasa verbal dan menggunakan bahasa non verbal (bahasa tubuh).

Template untuk power point versi IPB

template ppt IPB

  1. IPB-PowerPoint-Template_1
  2. IPB-PowerPoint-Template_2
  3. IPB-PowerPoint-Template_3
  4. IPB-PowerPoint-Template_4

Download IPB Logo:

  1. High Resolution (4724 x 4724, 300dpi) – 1,2 Mb
  2. Medium Resolution (2362 x 2362, 300dpi) – 562 Kb
  3. Small Resolution (1179 x 1179, 300dpi) – 256 Kb

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *