Kaji Ulang Manajemen ISO 9001:2015

management-reviewsKaji ulang manajemen adalah penerapan prinsip perbaikan berkelanjutan (continual improvement) dari waktu ke waktu, melalui proses pengkajian secara menyeluruh untuk memastikan keberlanjutan, kesesuaian, kecukupan, dan efektifitas pelaksanaan sistem manajemen mutu sesuai persyaratan yang telah ditetapkan ISO 9001:2015. Kaji ulang manajemen ini dilakukan secara periodik dan dilakukan langsung oleh pimpinan manajemen , mengingat fungsi dilakukan kaji ulang manajemen ini untuk mengantisipasi risiko yang terjadi pada proses bisnis ataupun operasional kegiatan pendidikan

Pimpinan Manajemen harus menyelenggarakan kaji ulang manajemen secara periodik pada sistem manajemen mutu dan pada kegiatan pelayanann pendidikan yang dilakukan untuk dapat memastikan evaluasi terhadap jaminan mutu, kesesuaian dan efektivitasnya dapat dilakukan secara kontinyu. Hal-hal krusial yang perlu diperhatikan dalam kaji ulang manajemen diantaranya jadwal kaji ulang dilaksanakan, siapa saja yang bertanggung jawab dalam pelaksanaannya, apa materi yang akan dibahas serta bagaimana tindak lanjut yang akan dilakukan menanggapi materi bahasan.

Pada Senin, 7 Mei 2018 telah dilakukan kaji ulang manajemen untuk Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Fateta IPB. Kegiata ini dihadiri oleh semua tim implementasi ISO dan auditor internal SMM ISO 9001:2015. Agenda kegiatan KUM yang dipimpin langsung oleh Dekan Fateta IPB dan didampingi oleh WR Bidang Akademik adalah:

  1. Status tindakan dari kaji ulang manajemen sebelumnya
  2. Perubahan dalam permasalahan eksternal dan internal yang relevan dengan sistem manajemen mutu
  3. Informasi tentang kinerja dan efektifitas SMM
    • Hasil pengukuran kepuasan pelanggan, umpan balik dan keluhan pelanggan
    • Capaian sasaran mutu
    • Kinerja proses dan kesesuaian produk/jasa
    • Ketidaksesuaian dan tindakan koreksi
    • Hasil pemantauan dan pengukuran
    • Hasil audit
    • Kinerja penyedia eksternal
  4. Kecukupan sumber daya
  5. Efektivitas tindakan yang diambil untuk menangan risiko dan peluang
  6. Peluang untuk perbaikan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *