Audiensi PII ke Kementan

Pada tanggal 25 April 2018, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mengadakan audiensi dengan Kementerian Pertanian (Kementan). Audiensi dengan Kementerian Pertanian terkait pemahaman sertifikat kompetensi, standar layanan insinyur dan program pendidikan profesi insinyur. Dasar audiensi adalah dalam UU Keinsinyuran no 11 tahun 2014 pasal 6, perlu adanya keterlibatan kementerian terkait dalam pembinaan bidang keinsinyuran.

Audiensi Kementan PPI Diskusi

Pada acara audiensi ini dihadiri dari pihak Kementerian Pertanian adalah Bapak Ir. Syukur Iwantoro, MS, MBA (Sekjen Kementerian Pertanian), Bapak Abdul Halim, MSi (Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian), Ibu Ida (Bagian SDM Pusat Pelatihan Pertanian) dan Ibu Sri Tunjung Purwaningsih SE (Bagian SDM Pusat Pelatihan Pertanian). Sedangkan dari PII dihadiri oleh Bapak Ir. Yanuar Djarwadi Purwanto (BK Teknik Pertanian), Ibu Niken Ayu Permatasari, MSi (BK Industri Pertanian), Bapak Angga Yuhistira Aryanto, , MSi (BK Industri Pertanian), Bapak Budi Guntoro (BK Peternakan), Bapak Sutrisno (BK Kehutanan) dan Bapak Rawindra (Majelis Layanan Insinyur/BK Perminyakan).

Audiensi Kementan PPI Pose Bersama

Hasil audiensi PII dengan Kementan diperlukan adanya payung hukum yang jelas melibatkan kementerian terkait dan tim terpadu dari PII. Perlu adanya harmonisasi antara penjenjangan yang ada di lingkup kementerian dengan kurikulum dalam program profesi insinyur. Serta harus ada kejelasan dalam Peraturan Pemerintah (PP) terkait profesi, akademisi (peneliti atau perekayasa) dan birokrat.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *