Workshop Peningkatan Daya Saing Lulusan Program Studi Industri Pertanian

Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan kegiatan workshop dengan judul “Peningkatan Daya Saing Lulusan Program Studi Industri Pertanian” yang diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 19 Februari 2018 di Ruang ETDC, PKSPL IPB Baranangsiang. Tujuan kegiatan ini adalah terbentuknya keselarasan pemahaman antara program studi industri pertanian dan pemangku kepentingan (organisasi profesi, industri, pemerintah) tentang formula profil professional lulusan (tujuan program pendidikan), capaian pembelajaran/CPL (Learning Outcomes/LO), dan disiplin industri pertanian dalam rangka peningkatan daya saing global lulusan program studi industri pertanian.

Dalam kesempatan ini hadir dari beberapa program studi di Indonesia, organisasi profesi, kalangan industri dan pemerintah. Acara ini dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan oleh pemaparan Prof. Muhammad Romli dari Badan Kejuruan Industri Pertanian Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang membawakan tema “Peningkatan kualitas lulusan pendidikan tinggi industri pertanian (agroindustri) di era persaingan global”.  Selanjutnya dari beberapa Pemangku kepentingan (stakeholders), seperti Asosiansi Agroindustri Indonesia (Agrin), dan Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA), menyampaikan berbagai saran dan harapan terhapan lulusan Program Studi Industri Pertanian.

Disiplin Industri Pertanian

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan masukkan dari beberapa Program Studi Industri Pertanian antara lain Institut Pertanian Bogor, Univeritas Brawijaya, Universitas Dharma Andalas dan Universitas Gadjah Mada. Hasil dari kegiatan ini dapat digunakan untuk menguatkan integrase, harmonisasi, dan kerjasama antar program studi industri pertanian, serta untuk menciptakan, menguatkan, dan memanfaatkan identitas bersama (common identity) program studi industri pertania dalam konteks tujuan pendidikan (profil lulusan), capaian pembelajaran, kurikulum.

Sumber : TIN IPB


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *