Sep 01 2017

Pemilihan Tenaga Administrasi Akademik

Published by at 14:24 under Info IPB,Pengabdian Masyarakat

Akademik Prestasi

Tenaga Administrasi Akademik merupakan tenaga kependidikan yang berdiri paling depan dalam pelayanan kepada mahasiswa dan dosen serta masyarakat lainnya. Tenaga Administrasi Akademik diharapkan mampu melayani dengan prima sesuai dengan aturan dan juga kebutuhan pemangku kepentingan.  Peran tenaga kependidikan untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis menjadikan perlunya tenaga kependidikan memiliki komitmen dan keprofesionalan kinerja untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kedudukan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Berkaitan dengan tenaga akademik yang mengelola layanan pendidikan dalam hal teknis administrasi ditangani oleh bagian administrasi bidang akademik.

Direktorat Jendral Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi, Kemenristek mengadakan pemilihan administrasi akademik berprestasi tahun 2017. Tujuan kompetisi dan pemberian penghargaan kepada Tenaga Administrasi Akademik berprestasi adalah memberikan pengakuan secara nyata terhadap komitmen, pemikiran yang kreatif, inovatif dan tanggung jawab dalam melayani urusan administrasi akademik untuk membantu mahasiswa, program studi/jurusan/fakultas/perguruan tinggi dan dosen dalam pelaksanaan pelayanan pembelajaran. Kompetisi dalam rangka pemberian penghargaan kepada Tenaga Administrasi Akademik berprestasi diharapkan bermanfaat dalam:

  1. Meningkatkan kinerja tenaga administrasi akademik.
  2. Mewujudkan dan melaksanakan pelayanan prima bidang akademik.
  3. Mengembangkan sistem layanan administrasi akademik yang berkesinambungan (continous improvement).
  4. Menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan di kalangan tenaga administrasi akademik terhadap profesinya.

Pada tahun ini, saya diminta oleh Departemen TIN untuk mengikuti kompetensi ini. Kompetensi ini dimulai dari pemilihan di tingkat Fakutas, lalu dilanjutkan ke tingkat IPB. Di tingkat IPB diadakan psikotest untuk memilih 5 besar, lalu dilanjutkan dengan desk evaluation dan presentasi serta wawancara oleh Tim Juri dari IPB. Berbekal portofolio serta ide kreatif inilah, akhirnya saya terpilih menjadi tenaga administrasi akademik berprestasi tingkat I IPB.


No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply