Dec 12 2014

Re-Akreditasi LP-323-IDN

Published by at 13:50 under Info IPB

Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan kegiatan Re-Akreditasi terhadap Laboratorium terakreditasi ISO/IEC 17025-2008 yang dimiliki oleh Laboratorium Pengujian Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN-IPB) dengan No. LP-323-IDN, di Darmaga Bogor pada hari Senin – Selasa tanggal 8-9 Desember 2014.

Akreditasi Lab. Pengujian TIN akan berakhir pada 25 Mei 2015, sesuai dengan peraturan KAN, maka setiap Lab yang akan habis masa akreditasinya maka harus segera melakukan proses Re-akreditasi. Agenda ini merupakan salah satu persyaratan bagi laboratorium pemegang akreditasi dari KAN yang wajib dilaksanakan apabila waktu akreditasi akan berakhir. Tahun ini Re-Akreditasi dilaksanakan terhadap beberapa ruang lingkup, yaitu: ruang lingkup Air Limbah, Air Minum, Air Bersih, Sludge, Gula Kristal Mentah dan Tepung.

Prof. Nastiti Siswi Indrasti selaku Ketua Departemen membuka acara tersebut secara resmi, di ruang sidang TIN. Acara tersebut dihadiri juga oleh Prof. Suprihatin selaku Manajer Teknis II, Dr. Dwi Setyaningsih selaku Manajer Mutu, Angga Yuhistira, MSi selaku Deputi Manajer Mutu, serta jajaran manajemen beserta personil laboratorium terkait. Dari pihak KAN menugaskan dua orang assessor yaitu Bapak Tahid sebagai Lead Assessor dan Ibu Niniek sebagai anggota/tenaga ahli.

Gambar 1. Tim Asesor sedang melakukan kunjungan ke laboratorium

Pada acara tersebut Bapak Tahid, sebagai Lead Assessor menjelaskan secara singkat proses audit yang akan dilaksanakan. Proses audit selanjutnya dikoordinir oleh Manajer Mutu dan Manajer Teknis. Pelaksanaan Re-Akreditasi dibagi menjadi dua aspek, yakni aspek manajerial dan teknis. Untuk aspek manajerial dilakukan oleh Ibu Dwi Setyaningsih dan Bapak Angga Yuhistira bertempat di ruang sidang TIN, sementara aspek teknis dilakukan oleh Bapak Suprihatin dan Ibu Sri Mulyasih beserta para teknisi bertempat di ruang instrument dan ruang analisis.


No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply