Jan 16 2015

Workshop Implementasi ISO 17025

Published by at 13:49 under Info IPB,Pengabdian Masyarakat,Tridharma PT

Dalam rangka meningkatkan pemahaman implementasi sistem manajemen mutu SNI ISO/IEC 17025: 2008 di Laboratorium pengujian Departemen Teknologi Industri Pertanian FATETA IPB. Pihak manajemen Laboratorium Pengujian mengadakan sosialisasi sistem mutu yang diadakan pada hari Kamis, 15 Januari 2015 mulai pukul 09.00 hingga selesai bertempat di Ruang Sidang TIN.

Peserta yang hadir berjumlah 15 orang berasal dari seluruh elemen laboratorium, baik dari kepala laboratorium, manajer mutu, manajer teknis, administrasi, supervisor dan teknisi.

Kegiatan ini di pimpin langsung oleh kepala laboratorium ibu Prof. Nastiti Siswi Indrasti. Pada kesempatan ini yang menjadi pembicara adalah Dr. Dwi Setyaningsih, Prof. Dr. Suprihatin dan Angga Yuhistira Aryanto, STP, MSi. Materi yang diberikan berkaitan dengan persyaratan manajemen dan persyaratan teknis yang harus di ikuti laboratoriumm sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025: 2008.

Gambar 1. Pemaparan Materi oleh Manajer Mutu

Materi persyaratan manajemen yang dibawakan Dr. Dwi S berkaitan dengan perkembangan ISO guide 25, struktur SNI ISO/IEC 17025: 2008, ruang lingkup dan 15 klausul persyaratan manajemen. Pada kesempatan ini, Bu Dwi juga menekankan perlunya mengerjakan apa yang kamu tulis serta menulis apa yang kamu kerjakan, karena hal ini merupakan salah satu persyaratan dalam pengendalian rekaman dan dokumen.

Prof Suprihatin dan Angga Yuhistira memaparkan materi tentang persyaratan teknis. Persyaratan teknis terdiri dari 10 klausul yaitu umum, personel, lingkkungan, metode, peralatan, ketertelusuran, pengambilan sampel, penanganan barang yang diuji, pengendalian mutu dan sertifikat hasil uji. Penekanan pada materi kedua adalah tentang jaminan mutu hasil pengujian dan pelaporan hasil.


No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply