May 01 2012

May Day

Published by at 15:21 under Info IPB

Tepat Hari ini, Hari Selasa (01/05/12) bertepatan dengan Hari Buruh internasional atau kerap disebut dengan istilah My Day. Hari dimana serikat buruh merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial. Hari Buruh Sedunia atau My Day sendiri di tanah air diwarnai dengan aksi demo di beberapa titik lokasi di seluruh Indonesia.

Menurut berbagai catatan, penetapan Hari Buruh pada 1 Mei terkait dengan peristiwa Haymarket unjuk rasa besar-besaran pekerja di Amerika Serikat, menuntut 8 jam kerja per hari.  Aktor di balik gerakan tersebut adalah Federation of Organized Trades and Labor Union.Tuntutan pengurangan jam kerja itu juga sudah menjadi gerakan dunia antara lain dalam Kongres Buruh Internasional pertama di Jenewa, Swiss.

Pada 1 Mei 1886, sekitar 400.000 buruh/pekerja di Amerika Serikat turun ke jalan mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk mendesak pemberlakuan 8 jam kerja. Pada waktu itu, waktu kerja pekerja bisa sampai dengan 20 jam per hari.  Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei.Puncak dari aksi buruh terjadi setelah unjuk rasa berjalan 4 hari. Pada 4 Mei 1886 itulah terjadi kekerasan dari aparat keamanan. Pada tanggal tersebut, Para Demonstran melakukan pawai besar-besaran, Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati, para buruh yang meninggal dikenal sebagai martir. Sebelum peristiwa 1 Mei itu, di berbagai negara, juga terjadi pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal.

Nah, tanggal 1 Mei itulah yang akhirnya ditetapkan sebagai  Federation of Organized Trades and Labor Unions sebagai Hari Buruh.  Penetapan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional yang kemudian dikenal dengan May Day dikukuhkan tiga tahun kemudian dalam Kongres Sosialis Dunia pada Juli 1889 di Paris.

Kado Hari Buruh dari Pemerintah Tahun 2012

  1. Hadiah pertama yang disiapkan berupa peningkatan batas Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP), dari Rp 1,3 juta menjadi Rp 2 juta.
  2. Penyiapan pembangunan rumah sakit untuk buruh yang pada tahap awal akan dibangun di Tangerang, Bekasi dan Jawa Timur.
  3. Transportasi murah untuk buruh di kawasan industri
  4. Pembangunan rumah murah untuk buruh.

Dari berbagai sumber (AYA).

 


No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply