Kebijakan IPB terkait Pengadaan Barang dan Jasa 2021

IPB University mulai tahun 2021 memiliki kebijakan baru dalam pengadaan barang dan jasa yang tertuang dalam Peraturan Rektor nomor 18/IT3/LK/2020 tentang Perubahan atas Peraturan Rektor IPB nomor 13/IT3/LK/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa IPB. Pengadaan Barang/Jasa adalah kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa di lingkungan Institut Pertanian Bogor atau di tingkat Institut Pertanian Bogor yang pelaksanaannya dilakukan secara terintegerasi dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa.

Lingkup Peraturan Rektor

Dana Institut adalah penerimaan Institut Pertanian Bogor yang dapat berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah, dana hibah, dana kerjasama, Dana Masyarakat, Bantuan Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum dan sumber lain yang sah. Penyediaan barang dan jasa dapat dilakukan pembelian langsung oleh unit sampai dengan 100 juta sesuai ketentuan yang berlaku.

Pada hari Kamis (25/2), Unit pengadaan IPB mengadakan sosialisasi terkait dengan pengadaan barang maupun jasa di IPB umumnya dan di unit terkait khususnya. Penanggung jawab pelaksanaan pembelian langsung adalah pejabat persetujuan unit (exoficio pimpinan unit).  Dalam proses pengadaan barang dan jasa Pejabat Persetujuan Unit dibantu oleh Petugas Pembelian, dan Petugas Penerima Belanja Unit (dapat merangkap jabatan terkait pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa pada paket pekerjaan yang sama)

Ketentuan pembelian langsung adalah :

  1. merupakan kebutuhan operasional /darurat/ mendesak;
  2. teknologi sederhana;
  3. beresiko kecil;
  4. bernilai setinggi-tingginya Rp.100.000.000 (seratus juta rupiah); untuk pengadaan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya;
  5. pembelian terhadap barang yang sudah terdapat di pasar dan diyakini bahwa harga tersebut merupakan harga yang wajar atau at cost antara lain tiket pesawat/perjalanan, biaya registrasi/ pendaftaran pelatihan, registrasi publikasi pada jurnal nasional/ internasional, sewa penginapan, atau yang menurut sifatnya tarif harga satuannya terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat;
Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *