Pengukuhan Program Profesi Insinyur IPB Angkatan 1

Sebanyak 434 insinyur profesional diambil sumpahnya secara langsung dengan pembatasan undangan yang hadir serta secara daring via aplikasi zoom pada Sabtu, (25/7/2020). Program Profesi Insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi keinsinyuran yaitu Profesi Insinyur yang andal dan profesional yaitu mampu meningkatkan nilai tambah, daya guna, hasil guna untuk mewujudkan pembangunan berkelanjtan dan berwawasan lingkungan. Sebanyak 434 orang yang dikukuhkan ini terdiri dari 24 orang dari Bidang Keinsinyuran Industri Pertanian, 34 orang dari Industri Keinsinyuran Teknik Pertanian dan 376 orang dari Bidang Keinsinyuran Teknik Kehutanan.

Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain acara Pengukuhan Insinyur Angkatan I. Sekaligus launching Program Profesi Insinyur IPB. Semua lulusan adalah dari jalur Rekomendasi Pembelajaran Lampau (RPL) dan lulusan Angkatan I ini diharapkan menjadi SDM yang mendukung pelaksanaan Program Profesi Insinyur jalur reguler.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dr. Ir. Heru Dewanto dalam sambutannya menambahkan pengukuhan profesi insinyur ini bahwa lima tahun terakhir ini telah mencapai lompatan infrastruktur. Daya saing Indonesia meningkat dengan signifikan dan Indonesia diprediksi oleh banyak pihak akan menempati posisi 5, 6 dan 7 dari kekuatan ekonomi dunia.di masa pandemi saat ini. Nantinya para Insinyur diharapkan tetap dapat mempertahankan capaian melalui lompatan infrastruktur tersebut karena infrastruktur merupakan pondasi bagi daya saing di semua sektor ekonomi.

Hadir juga dalam kesempatan ini Prof. Ir. Nizam M.Sc, Ph.D., Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang mendorong pembangunan infrastruktur yang diharapkan menjadi konektor pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan kegiatan masyarakat yang mengangkat ekonomi bangsa signifikan. Pembangunan kedepan diharapakan merupakan pembangunan yang inklusif, ramah dengan lingkungan dan berkelanjutan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi salah satu peserta Pengukuhan Insinyur Program Profesi Insinyur Angkatan 1 Tahun 2019/2020. Dia pun turut mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Insinyur Profesional PII yang diambil sumpahnya pada pengukuhan kali ini.

Sumber : nusadaily

 


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *