Kamu Tahu apa itu SKPI?

Sejak tahun kelulusan 2014, mahasiswa bisa mendapat pernyataan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) bersamaan dengan beberapa dokumen kelulusan seperti Ijazah, Surat Keterangan Lulus (SKL), Transkrip Akademik, dan dokumen lain penunjang kelulusan seorang sarjana.

Apa itu Surat Keterangan Pendamping Ijazah?

SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi. Surat yang juga disebut Diploma Supplement ini berisi pencapaian akademik dan capaian pembelajaran serta kualifikasi lulusan pendidikan tinggi. SKPI sendiri dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan Non Lomba (kegiatan kepanitian, kepesertaan workshop, seminar, dll), Kegiatan Lomba dan Kegiatan Soft Skill (Pelatihan, sertifikasi, dll). Sederhananya, SKPI adalah rekam jejak mahasiswa ketika menjalani perkuliahan dan menjadi dokumen pendukung semua prestasi dan sertifikasi yang dicantumkan di daftar riwayat hidup.

SKPI dikeluarkan oleh perguruan tinggi dan di tanda tangani oleh Dekan Fakultas untuk mendampingi ijazah dan transkrip akademik. Landasan hukum penerbitan SKPI adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi. Permendikbud sendiri merupakan turunan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Dalam Pasal 44 ayat 1 sampai ayat 3, UU Nomor 12 mengharuskan setiap perguruan tinggi memberikan sertifikat kompetensi bagi setiap lulusannya sebagai keterangan resmi tentang kompetensi mereka sekaligus bisa digunakan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.

Sistem Informasi SKPI

IPB sendiri sudah membuat sistem bagi mahasiswanya dalam memperoleh SKPI. Aplikasi ini melalui laman simawa.ipb.ac.id. Akses masuk ke laman ini menggunakan singel ID yang digunakan untuk semua aplikasi di sistem IPB. Mahasiswa melakukan pengisian kegiatan baik Non Lomba, Lomba dan Soft Skill (panduan simawa), selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh verifikator dari departemen yaitu komisi kemahasiswaan setiap departemen. Contoh SKPI yang diterbitkan oleh IPB.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *