Amankah Tanda Tangan Digital

Pada awal tahun 2021 ini, Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital – Institut Pertanian BogorIPB University meluncurkan aplikasi baru yaitu Tanda Tangan Digital di laman digisign.ipb.ac.id. Digisign ini didasari karena kondisi pandemi Covid-19, dimana interaksi antar civitas akademika dan tenaga kependidikan di lingkungan IPB sangat dibatasi.

Lalu apakah yang dimaksud dengan Tanda Tangan Digital?

Tanda Tangan Digital atau Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi (digisign.id).

Tanda tangan digital adalah bentuk tanda tangan elektronis yang menggunakan metode kriptografi untuk menandai keabsahan suatu dokumen digital. Tanda tangan digital bukan berarti tanda tangan fisik yang di-scan atau digambar di komputer kemudian ditempelkan di dokumen, melainkan perhitungan matematis menggunakan konsep kriptografi kunci publik atas data digital yang ditandatangani.

Terdapat dua kegiatan dalam konsep tanda tangan digital yaitu:

  1. Sign, yaitu kegiatan membubuhkan tanda tangan digital pada dokumen.
  2. Verify, yaitu kegiatan menentukan apakah tanda tangan digital pada dokumen valid.

Tujuan dari diterapkannya tanda tangan digital pada suatu dokumen yang merupakan manfaat dari kriptografi kunci publik:

  1. Otentikasi, yaitu memastikan bahwa dokumen memang ditandatangani oleh penanda tangan yang sah. Hanya pemilik tanda tangan tertentu yang dapat membubuhkan tanda tangannya pada dokumen.
  2. Integritas, yaitu memastikan bahwa dokumen tidak diubah setelah ditandatangani. Jika dokumen diubah sekecil apapun, tanda tangan digital otomatis menjadi tidak valid.
  3. Non-repudiasi, yaitu memastikan bahwa penanda tangan tidak dapat menyangkal bahwa ia telah membubuhkan tanda tangan pada suatu dokumen.

Penggunaan tanda tangan digital di lingkungan IPB University juga sudah diatur pengunaannya sesuai Surat Keputusan Rektor IPB Nomor 241/IT3/TU/2020 Tentang Penggunaan Tanda Tangan Elektronik pada Dokumen Dinas di Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

SIAPA saja yang boleh menggunakan aplikasi digisign IPB?

Aplikasi digisign ini digunakan untuk semua civitas akademik baik dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan yang memiliki akun dan akses di IPB. Aplikasi ini bisa digunakan untuk penandatangan berbagai dokumen baik surat undangan, dokumen akademik maupun form isian. Penggunaan digisign dapat di download disini. Semoga dengan adanya aplikasi dapat memudahkan civitas akademika khususnya di masa pandemi covid ini.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Sumber : ICT IPB


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *