Fateta adakan Pelatihan Pemeliharaan Web

Fakultas Teknologi Pertanian mengadakan pelatihan memelihara dan mengisi konten website. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 20 Agustus 2018 mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB bertempat di Ruang Sidang FATETA IPB dalam rangka program/kegiatan bersama pengembangan SDM IPB TA 2018. Website merupakan platform digital yang saat ini menjadi wajib dimiliki setiap instansi atau perusahaan maupun swasta. Sebagai pusat informasi, konten dalam website menjadi sesuatu yang sangat penting terhadap kelangsungan citra atau brand suatu organisasi. Tak jarang banyak perusahaan yang mengerjakan admin website sampai programmer untuk melakukan pemeliharaan terhadap website.

Pelatihan-Website-Fateta
Peserta Pelatihan Pemeliharaan Website

Pelatihan diikuti oleh para administrator web di lingkungan Fateta IPB. Jumlah peserta sebanyak 10 orang, yang terdiri dari masing-masing departemen 2 orang dan dari pihak fakultas 2 orang. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Dekan Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan FATETA IPB, Prof Dr. Ir. Slamet Budijanto, MAgr.

“Pelatihan ini bertujuan agar website yang ada di lingkungan FATETA IPB dapat dipelihara dan di update kontennya” ujar Prof Slamet.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari PT. Zoom Infotek Telesindo, Ibu Mega Nurjayanti dan Bapak Marjuki. Pemaparan materi diawali tentang mengapa website, tugas dan fungsi dari maintenance website, struktur website, backup website, pemeliharaan website, Google Analytics.

Petugas maintenance website, terdiri dari web programmer, web admin dan content designer. Seiring berjalannya waktu, peran-peran tersebut bisa dilakukan oleh satu orang dengan kapasitas yang mumpuni. Jangka waktu updating website juga menjadi penentu bagi jumlah pekerja yang mengurusi sebuah website. Selain harus memiliki kemampuan dibidang informasi teknologi dan pengolahan dasar, seorang web maintenance juga harus memiliki kemampuan dasar-dasar jurnalistik dan desain grafis. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan website

  1. update konten
  2. update tampilan
  3. update teknologi, dan
  4. memantau statistik

Sumber : TIN


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *