Perlukah melakukan personal branding???

Personal branding merupakan penciptaan aset yang berkaitan dengan orang atau individu tertentu, termasuk (tetapi tidak terbatas) pada tubuh, pakaian, penampilan dan pengetahuan yang terkandung di dalamnya, yang mengarah ke kesan yang tak terhapuskan (indelible impression) yang dapat dibedakan secara unik. Dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan terkait personal branding, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB mengadakan pelatihan personal branding dengan tema “Manage your life with talent and turn it to a unique experience” pada Selasa tanggl 25 September 2018 di IPB ICC. Lebih dari 100 peserta dari berbagai unit di lingkungan IPB mengikuti pelatihan ini.

Personal Branding (5)
Peserta Pelatihan Personal Branding Kelompok 1

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Prof Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc (Dekan FEMA) IPB. Pemateri untuk pelatihan ini adalah Dr. Ir. Sri Hartono MM, CMA, CHRA; Dr. Ir. Surfin Hannan MM, CMA, EPC dan Dr. M Mukti Ali ST, MM, CMA, CHRA, CFRA, CPM. Selanjutnya acara dilakukan dengan pembagian kelompok menjadi tiga kelompok dan didampingi oleh masing-masing satu pembicara.

Personal Branding (4)
Peserta Pelatihan Personal Branding Kelompok 2

Personal branding adalah proses yang dikerjakan/dilakukan oleh setiap orang untuk menciptakan reputasi/persepsi/image tertentu melalui interaksi dan komunikasi yang dilakukan dengan orang lain. Keberhasilan sesorang membranding dirinya dengan baik/positif dapat diartikan bahwa seseorang tersebut telah mampu menunjukkan kelebihannya dibandingkan dengan orang lain. Personal Branding sangat dibutuhkan oleh siapapun dan dalam keadaan apapun, terutama dalam dunia kerja. Secara singkat, personal branding dapat diartikan sebagai sebuah bentuk pencitraan pribadi dengan tujuan menunjukkan ide/kemampuan seseorang agar dianggap menarik oleh orang lain.

Personal Branding (3)
Peserta Pelatihan Personal Branding Kelompok 3

Personal branding bisa diartikan:

  • reputasi anda
  • cara untuk mengidentifikasikan passions, core values dan talents anda
  • mental yang anda pertahankan dalam pikiran orang lain
  • Janji atau kesepakatan anda dengan klien atau pelanggan atau orang lain tentang apa yang dapat mereka harapkan ketika melakukan bisnis atau berinteraksi dengan anda (Profesional)
  • refleksi dari siapa anda dan apa yang ada percayai, yang diekspresikan dari apa yang anda lakukan dan bagaimana anda melakukannya

Manfaat branding diantaranya adalah:

  • menarik lebih banyak peluang
  • meningkatkan potensi penghasilan
  • menciptakan “top-of-mind”
  • berperan dalam kepemimpinan
  • memberikan pengakuan yang lebih besar pada diri anda
  • meningkatkan kredibilitas dan prestise anda
  • dapat membantu memposisikan anda sebagai pemimpin di lingkungannya

Setiap orang yang anda temui mampu menerima (receive), menjaga (retain) dan mengulangi (repeat) pesan dari personal brand anda. Ketiga hal ini biasa dinamakan 3R Personal Branding, yaitu :

  1. Receive : pahami siapa anda dan dimana anda dapat menambah value diri anda
  2. Retain : tanamkan nama anda dalam otak mereka sehingga mereka dapat “menyimpan” tentang anda
  3. Repeat : mereka dapat mengingat (recall) apa yang anda lakukan dan merujuk bisnis anda ketika ada peluang yang anda minati muncul

Delapan (8) strategi untuk menjadi “personal star“, yaitu :

  1. internal branding (mindset)
  2. personal brand audit
  3. anda ingin dikenal dengan apa?
  4. hilangkan hambatan yang berada di jalan anda
  5. identifikasi target orang yang memperhatikan anda secara optimal
  6. bangun mimpi anda
  7. kemas brand anda untuk sukses
  8. kembangkan strategi yang unggul (a winning strategy)

Sebelum dilakukan penutupan, Prof Ujang mengajak seluruh peserta untuk mengikuti permainan golf mini dan dart target.

Personal Branding (2)
Permainan Dart Target

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *