Sidang Komisi Istilah II Tahun 2018

Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah menyelenggarakan Sidang Komisi Istilah II Tahun 2018 di Century Park, Jakarta pada tanggal 16—20 Juli 2018. Sidang komisi istilah pada kesempatan ini terdiri dari beberapa komisi yaitu komisi penyelarasan ilmu dasar, komisi penyelarasan teknologi informasi, komisi penyelarasan ekonomi dan akuntansi, komisi psikologi olahraga, komisi ilmu kelautan, komisi ilmu kelautan (instrumentasi), komisi nanoteknologi dan komisi teknologi hijau.

IMG-20180717-WA0010
Peserta Sidang Komisi Istilah II

Hari pertama sidang komisi istilah dimulai dengan acara pembukaan oleh Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud. Pada komisi istilah teknologi hijau di ketuai oleh Prof Suprihatin (IPB) dengan anggota Ibu Delfi Fatina Soraya (Puspitek), Bpk Angga Yuhistira (IPB), Ibu Cormentyna Sitanggang (Badan Bahasa), Ibu Kunkun Purwati (Badan Bahasa) dan Muhammad Rofid Hilmi (Badan Bahasa). Setelah empat hari bekerja, para pakar bidang ilmu Sidang Komisi Istilah ini menghasilkan Padanan Istilah. Cara kerja Sidang Komisi Istilah Teknologi hijau dalam Sidang kali ini adalah:

  1. memeriksa kembali istilah teknologi hijau yang telah dikumpulkan pada SKI II 2017 dan SKI I 2018;
  2. menambah istilah dan melengkapinya dengan konteks, definisi, dan sumber definisi; dan
  3. mendiskusikan ketepatan pemadanan sesuai dengan konsep dan definisi, serta mengklasifikasikan istilah yang dipilih berdasarkan taksonomi.

Dalam sidang kali ini Komisi Istilah Teknologi Hijau berhasil mengumpulkan 801 istilah yang sudah dipadankan dan dilengkapi konteks, definisi, dan sumber dengan rincian sebagai berikut:

Digugurkan karena terlalu umum 16 istilah
Istilah ganda 13 istilah
Perlu didiskusikan ulang 1 istilah
IMG-20180719-WA0017
Sidang Komisi Istilah II 2018

Hasil sidang komisi istilah II 2018 di komisi teknologi hijau menghasilkan 2688 istilah terkait teknologi hijau. Istilah-istilah tersebut diklasifikasikan menjadi empat subbidang sebagai berikut.

Prinsip Dasar Teknologi Hijau 911 istilah
Perancangan Teknologi Hijau 296 istilah
Penerapan Teknologi Hijau 984 istilah
Penilaian Teknologi Hijau 497 istilah
IMG-20180720-WA0012
Peserta Sidang Komisi Istilah Teknologi Hijau

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *