Dendrobium rambo

Rambo

Anggrek Dendrobium merupakan salah satu genus bunga anggrek hias yang termasuk kategori epifit yaitu jenis anggrek yang hidupnya menempel pada media atau menumpang kepada tanaman inang dan banyak dibudidayakan di berbagai tempat. Anggrek Dendrobium tumbuh tersebar di hutan tropis Indonesia sebagai habitat aslinya. Selain Indonesia sebagai tempat asli tanaman ini tumbuh, Dendrobium juga ditemukan di berbagai negara Asia seperti Malaysia, Taiwan dan juga Jepang. Anggrek jenis Dendrobium dapat dikembangkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Pecinta anggrek hias sangat suka mengoleksi tanaman hias jenis Anggrek Dendrobium ini karena sifatnya yang begitu fleksibel dan dapat dikembangkan dengan cukup mudah baik dari perawatan dan penanamannya. Kualitas keindahan bunganya tak terganti dan begitu istimewa. Anggrek jenis ini juga mudah untuk disilangkan (dikawinkan) dengan anggrek lainnya. Salah satu anggek Dendrobium silangan yang saya rawat adalah anggrek Dendrobium rambo. Anggrek ini saya dapatkan dari kenalan di Depok yaitu Bapak Ilyas.

Lihat juga : Jenis-jenis Anggrek

Dendrobium rambo merupakan hasil silangan antara Dendrobium doctor uthai dan Dendrobium ly, Anggrek ini diregistrasikan pada 31 Agustus 2011 oleh N. Buranarakhtam (sumber : www.orchideya.ca). Leluhur Dendrobium rambo berasal dari 25 persen adalah Dendrobium helix, 18.75 persen adalah Dendrobium schulleri dan sisanya tersebar berdasarkan bawaan induknya.

Rambo silsilah

Rambo silsilah komposisi

Dendrobium rambo cocok ditanam dengan media tanam kaliandra dan arang, cocok di dataran rendah sampai dataran tinggi, kebutuhan sinar matahari dibawah naungan, penyiraman 1 hari sekali atau sesuai kebutuhan (cek kondisi media apakah perlu disiram atau tidak), pemupukan sesuai dengan kebutuhan.

Lihat juga : Teknik memupuk anggrek

Taksonomi tanaman ini adalah:

Kingdom : Planthae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Ordo : Orchidales
Famili : Orchidaceae
Sub famili : Epidendroidae
Suku/Tribe : Dendrobieae
Sub tribe : Dendrobiinae
Genus : Dendrobium


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *