Archive for October, 2016

Oct 30 2016

ISO 9001:2008 diraih TIN

Published by under Info IPB,Pendidikan

Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB telah dinyatakan menerapkan sistem manajemen mutu yang memenuhi SNI ISO 9001:2008 (Quality Management Systems-Requirement) dari Sucofindo International dengan nomor sertifikat QSC 01373. Adapun ruang lingkup sertifikasi adalah pelayanan administrasi akademik di Fateta dan proses pembelajaran untuk program studi sarjana di Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) dan ITP. Sertifikat ini berlaku dari 30 Juni 2016 sampai 14 September 2018.

ISO 9001:2008 merupakan sebuah standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan � persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. Sistem Manajemen ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek � praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

Sertifikat ISO 9001-2008 Fateta IPB

No responses yet

Oct 30 2016

108 Inovasi Indonesia 2016 bagi TIN

Published by under Info IPB,Penelitian

108 closing

Berdasarkan hasil Sidang Final Juri pemilihan 108 Inovasi Indonesia  2016 pada 25 Oktober 2016, telah berhasil menyepakati dan menetapkan ke 108 karya inovasi terpilih untuk dipublikasikan, maka diumumkan bahwa 4 orang staf pendidik dari Departemen Teknologi Industri Pertanian, terpilih menjadi 108 karya inovasi. Berikut nama-nama staf pendidik yang terpilih:

  1. Dr. Ir. Dwi Setyanigsih : Sintesa bioavtur berbasis CPO sebagai bahan bakar pesawat jet komersil
  2. Prof. Erliza Noor : Produksi Nanklorofil dari Sargassum Sp.
  3. Prof. Khaswar Syamsu : Bioplastik dari Nanofiber Selulosa Asetat Tandan Kosong Kelapa Sawit
  4. Prof. Nastiti Siswi Indrasti : Penerapan Teknologi Nano untuk Penanganan Limbah Padat Industri Gula

Selamat kepada para inovator terpilih , semoga dapat memacu semangat dalam menghasilkan inovasi lainnya.

No responses yet

Oct 28 2016

Pelatihan Tanggap Darurat Kebakaran 2016

Published by under Info IPB,Pengabdian Masyarakat

IMG_9183

Dalam rangka meningkatkan keahlian dan kewaspadaan tenaga kependidikan dalam pencegahan dan tanggap darurat terhadap terjadinya bahaya kebakaran di tempat kerja. Dep. TIN mengadakan kegiatan pelatihan “ Tanggap Darurat Kebakaran” yang dilaksanakan selama 1 hari di Lapangan Kampus Diploma Cilebende pada tanggal 15 Oktober 2016. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan Dept TIN sebanyak 37 orang. Acara pelatihan tersebut merupakan kerjasama antara Dept TIN dan UPTD Pemadam Kebakaran Kota Bogor (Sekarang sudah menjadi BNPBD).

Pelatihan ini dimulai dengan penjelasan oleh Bapak Jarwo selaku instruktur dari UPTD Pemadam Kebakaran Kota Bogor mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran, segitiga Api, jenis-jenis media pemadam, alat pemadam api ringan (APAR), pemasangan dan penempatan APAR, persyaratan teknis APAR dan cara penggunaan APAR dan yang terakhir penggunaan hydrant.

Dalam pelatihan ini para peserta diberi pengetahuan bagaimana cara memadamkan api baik secara manual dan memelihara serta menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Masing-masing peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan cara pemadaman api dengan menggunakan karung basah maupun menggunakan APAR. Pada sesi terakhir, para peserta diberi simulasi kebakaran yang dipadamkan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

No responses yet