Archive for the 'Pengabdian Masyarakat' Category

Nov 10 2016

Pengembangan Divisi TML

Dalam rangka meningkatkan pengakuan pada Divisi Teknik dan Manajemen Lingkungan Industri (TML), Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB melalui pengkayaan atau penguatan substansi dan media promosi maka dilakukan pengembangan Web site Divisi TML. Web site yang dikembangkan sudah dapat diakses di domain labtml. Web site ini berisikan informasi terkait Profil Divisi, Sumber daya, Program Divisi dan Layanan Divisi. Semoga dengan adanya web ini akan menambah informasi bagi civitas akademika IPB maupun masyarakat luas.

Web TML

No responses yet

Oct 28 2016

Pelatihan Tanggap Darurat Kebakaran 2016

Published by under Info IPB,Pengabdian Masyarakat

IMG_9183

Dalam rangka meningkatkan keahlian dan kewaspadaan tenaga kependidikan dalam pencegahan dan tanggap darurat terhadap terjadinya bahaya kebakaran di tempat kerja. Dep. TIN mengadakan kegiatan pelatihan “ Tanggap Darurat Kebakaran” yang dilaksanakan selama 1 hari di Lapangan Kampus Diploma Cilebende pada tanggal 15 Oktober 2016. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan Dept TIN sebanyak 37 orang. Acara pelatihan tersebut merupakan kerjasama antara Dept TIN dan UPTD Pemadam Kebakaran Kota Bogor (Sekarang sudah menjadi BNPBD).

Pelatihan ini dimulai dengan penjelasan oleh Bapak Jarwo selaku instruktur dari UPTD Pemadam Kebakaran Kota Bogor mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran, segitiga Api, jenis-jenis media pemadam, alat pemadam api ringan (APAR), pemasangan dan penempatan APAR, persyaratan teknis APAR dan cara penggunaan APAR dan yang terakhir penggunaan hydrant.

Dalam pelatihan ini para peserta diberi pengetahuan bagaimana cara memadamkan api baik secara manual dan memelihara serta menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Masing-masing peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan cara pemadaman api dengan menggunakan karung basah maupun menggunakan APAR. Pada sesi terakhir, para peserta diberi simulasi kebakaran yang dipadamkan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

No responses yet

Feb 19 2016

Capaian Kinerja IPB 2015 Raih 92,94 Persen

Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan acara Rabuan Bersama IPB dengan tema “Reputasi Inovasi untuk Kemajuan Pertanian, Kelautan dan Biosains” pada tanggal 17 Februari 2016 di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga, Bogor. Dalam kesempatan tersebut Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof.Dr. Herry Suhardiyanto menyampaikan capaian kinerja IPB tahun 2015, target kinerja 2016 dan isu-isu strategis. Capaian kinerja dilihat dari Sistem Manajemen Kinerja (Simaker) IPB yang mencakup lima perspektif, yaitu stakeholders, financial, research and academic excellence, internal business prosess dan capacity building.

20160221202653

No Perspektif Capaian
1 Stakeholders 98,17
2 Financial 98,28
3 Research and Academic Excellence 91,65
4 Internal Business Process 92,85
5 Capacity Building 90,37
Total Capaian 92,94

Dalam Rabuan Bersama IPB kali ini, dilakukan penandatanganan target kinerja 2016 oleh para Wakil Rektor, Sekretaris Institut, Dekan Fakultas, Dekan Sekolah Pascasarjana, Direktur Diploma, dan Direktur Manajemen dan Bisnis. Acara yang dipandu oleh Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Dr. Rinekso Soekmadi dan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Dr Luky Adrianto ini juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada tenaga kebersihan teladan, Bapak Jaja dari Biro Umum dan pengumuman para pemenang lomba website IPB 2015.

Lomba Web IPB 2015

Daftar pemenang lomba website:

Kategori Pemenang
Fakultas Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Departemen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen
Program Studi Pascasarjana Sekolah Pascasarjana
Kantor dan Direktorat Program Pendidikan Kompetensi Umum
Pusat Studi Pusat Studi Biofarmaka
Lembaga Kemahasiswaan Himpro The Grower Community (TGC),                              Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan
Blog Dosen 1.       Toto Haryanto, S.Kom, M.Si                             (Departemen Ilmu Komputer FMIPA)
2.       Prof. Hadi Susilo Arifin, Ph.D                         (Departemen Arsitektur Lanskap Faperta)
3.       Ir. Julio Adisantoso, M.Kom                                   (Departemen Ilmu Komputer FMIPA)
Blog Staf 1.       Angga Yuhistira Aryanto, STP, M.Si                (Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fateta)
2.       Murtiyarini, S.P                                                                (Departemen Proteksi Tanaman Faperta)
3.       Hanif Affandi Hartanto, S.Komp                                        (Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi)
Blog Student Ridho Ananda                                                              (Departemen Matematika FMIPA Pascasarjana)

No responses yet

Feb 01 2016

Badan Kejuruan Industri Pertanian PII Selenggarakan Program Pembinaan Profesi Insinyur

Badan Kejuruan Industri Pertanian – Persatuan Insinyur Indonesia (BKIP-PII), pada tanggal 28 Januari 2016 menyelenggarakan Program Pembinaan Profesi Insinyur (PPPI) yang khusus dilaksanakan berupa Inhouse yang diikuti 25 orang engineer (anggota baru PII) dari Departemen Teknologi Industri Pertanian FATETA IPB. Acara P3I dilaksanakan di Kampus IPB tepatnya di Departemen TIN, yang beralamat di Kampus IPB Darmaga.

Pelaksanaan program pembinaan profesi insinyur dimaksud diawali dengan pembukaan oleh Ketua Umum BKIP-PII, Prof. Dr. Ir. M. Romli, MSc.ST. dan dilanjutkan dengan pembukaan dari perwakilan PII Pusat yaitu Ir. Ngadiyanto, SE, MM. Acara selanjutnya disampaikan materi Kode Etik/ Etika Profesi Insinyur dan Pengenalan Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional dan Penjelasan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang disampaikan Ir. Achmadi PartowijotoCert. AE,. IPU, materi selanjutnya adalah Penjelasan Bakuan Kompetensi Insinyur Profesional dan Penjelasan Tatacara dan Praktek Pengisian Form Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP), SKA LPJK  yang disampaikan oleh Ir. Ngadiyanto, SE, MM, serta materi berikutnya adalah Sosialisasi UU No. 11 Th. 2014 Tentang KEINSINYURAN dan Organisasi PII yang disampaikan oleh Ir. Rudianto Handojo, IPM.

Pada sesi penutupan acara P3I seperti biasa diawali dengan pembacaan Catur Karsa Sapta Darma Insinyur Indonesia oleh semua peserta dan sebagai kata penutupan disampaikan oleh Ir. Rudianto Handojo, IPM, sekaligus berkenan menyamaikan Sertifikat Pengukuhan Sebagai Insinyur dan Kartu Tanda Anggota PII.

DSCF6195

Penyerahan Sertifikat Program Pembinaan Profesi Insinyur

No responses yet

Jan 25 2016

Seminar “Peranan Laboratorium Lingkungan dalam Mendukung Pemantauan Lingkungan”

PT. Skylab pada hari Rabu tanggal 25 November 2015 mengadakan Seminar “Peranan Laboratorium Lingkungan dalam Mendukung Pemantauan Lingkungan” yang akan dilaksanakan IPB International Convention Center, Botani Square Building 2nd Floor, Jl. Pajajaran-Bogor 16127. Acara ini menghadirkan beberapa pembicara dari BSN, KLH, SKK Migas, Jaringan Laboratorium dan Asosiasi AMDAL. Acara dilaksanakan mulai jam 08.00 sampai 12.00.

Materi seminar yang disampaikan adalah :

  1. Pentingnya Standardisasi dan Akreditasi Laboratorium Lingkungan. Kepala Badan Standardisasi Nasional. Prof. Dr. Bambang Prasetya, M.Sc
  2. Peran Laboratorium Lingkungan dalam Pemantauan Kegiatan Pemanfaatan dan Pengolahan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ir. Tuti Hendrawati Mintarsih
  3. Implementasi Pemantauan Kualitas Lingkungan dalam Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Sektor Migas. Kepala Divisi Penunjang Operasi Satuan Khusus Kerja (SKK) Migas. Baris Sitorus
  4. Kontribusi Jaringan Laboratorium Lingkungan dalam memfasilitasi Pemantauan Lingkungan di Provinsi Jawa Barat. Kepala Jaringan Laboratorium Lingkungan Jawa Barat. Moelyadi Moelyo, M.Si
  5. Peranan Laboratorium Lingkungan dalam Menunjang Penyusunan Studi Lingkungan (EBA, AMDAL, UKL/UPL, Audit Lingkungan, dan Implementasi Dokumen Lingkungan). Ketua Asosiasi Forum AMDAL Indonesia. Ir. Anhar K. Kramadisastra, M.Sc

No responses yet

Mar 06 2015

Training Analisis Air PT Bumitama

Laboratorium pengujian Departemen TIN mengadakan peningkatan kompetensi teknisi PT Bumitama Gunajaya Agro Group dalam pemahaman analisa air dan air limbah dalam kegiatan magang/pelatihan. Pelatihan ini diadakan selama 10 hari kerja dari 4 – 17 Maret 2015. Materi Pelatihan ini terdiri dari :

  1. Teknik sampling air dan air limbah,
  2. Proses analisa air dan air limbah (Parameter : BOD, COD, DO, Fosfat, Fenol, Sulfat, NO3, NO2, Logam, Minyak dan Lemak), dan
  3. Pelaporan hasil akhir analisa

Pada pelatihan ini selain diberikan teori juga diperdalam dengan praktek di laboratorium. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah Ibu Cesilia Lasiyah. Praktek yang diberikan dari pembuatan larutan, instrumentasi alat, analisis dan uji kinerja. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kerjasama antara Laboratorium Pengujian dengan pihak swasta dapat terjalin hubungan yang baik.

No responses yet

Feb 25 2015

Kunjungan University of Antwerp

Pada tanggal 11 Februari 2015, Departemen Teknologi Industri Pertanian di kunjungi oleh Staf Pengajar dan Mahasiswa dari University of Antwerp, Belgia. Kedatangan mereka untuk melakukan kerjasama penelitian. Satu orang mahasiswa pascasarjana University of Antwerp (Tine VandeWalle) akan melakukan penelitian di Dep. TIN. Penelitian ini akan di bimbing oleh Dr. Erliza Noor dan Dr. Yandra selama 4 bulan mulai 16 Februari 2015.

Dalam kunjungan ini, mereka menyempatkan untuk melihat fasilitas dan hasil penelitian yang ada di Laboratorium Dep. TIN. Fasilitas yang dikunjungi adalah laboratorium instrument, laboratorium teknologi proses dan ruang display.

No responses yet

Jan 16 2015

Workshop Implementasi ISO 17025

Dalam rangka meningkatkan pemahaman implementasi sistem manajemen mutu SNI ISO/IEC 17025: 2008 di Laboratorium pengujian Departemen Teknologi Industri Pertanian FATETA IPB. Pihak manajemen Laboratorium Pengujian mengadakan sosialisasi sistem mutu yang diadakan pada hari Kamis, 15 Januari 2015 mulai pukul 09.00 hingga selesai bertempat di Ruang Sidang TIN.

Peserta yang hadir berjumlah 15 orang berasal dari seluruh elemen laboratorium, baik dari kepala laboratorium, manajer mutu, manajer teknis, administrasi, supervisor dan teknisi.

Kegiatan ini di pimpin langsung oleh kepala laboratorium ibu Prof. Nastiti Siswi Indrasti. Pada kesempatan ini yang menjadi pembicara adalah Dr. Dwi Setyaningsih, Prof. Dr. Suprihatin dan Angga Yuhistira Aryanto, STP, MSi. Materi yang diberikan berkaitan dengan persyaratan manajemen dan persyaratan teknis yang harus di ikuti laboratoriumm sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025: 2008.

Gambar 1. Pemaparan Materi oleh Manajer Mutu

Materi persyaratan manajemen yang dibawakan Dr. Dwi S berkaitan dengan perkembangan ISO guide 25, struktur SNI ISO/IEC 17025: 2008, ruang lingkup dan 15 klausul persyaratan manajemen. Pada kesempatan ini, Bu Dwi juga menekankan perlunya mengerjakan apa yang kamu tulis serta menulis apa yang kamu kerjakan, karena hal ini merupakan salah satu persyaratan dalam pengendalian rekaman dan dokumen.

Prof Suprihatin dan Angga Yuhistira memaparkan materi tentang persyaratan teknis. Persyaratan teknis terdiri dari 10 klausul yaitu umum, personel, lingkkungan, metode, peralatan, ketertelusuran, pengambilan sampel, penanganan barang yang diuji, pengendalian mutu dan sertifikat hasil uji. Penekanan pada materi kedua adalah tentang jaminan mutu hasil pengujian dan pelaporan hasil.

No responses yet

Apr 13 2012

Workshop Asesor Sistem Manajemen Lingkungan

Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan kegiatan Workshop Asesor Sistem Manajemen Lingkungan SNI ISO 17021:2011 di Amos Cozy Hotel, Jakarta selama 3 hari, 9 – 11 April 2012. Acara diikuti oleh para perwakilan dari BSN, KLH, Perguruan Tinggi, LIPI, BATAN, Kehutanan yang berjumlah kurang lebih 20 orang. Acara dibuka oleh Bapak Heru Suseno pada Senin pagi (09/04/2012). Kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk melaksanakan pengembangan kualitas akreditasi lembaga sertifikasi, serta meningkatkan kompetensi asesor. Dalam melaksanakan fungsi akreditasi, diperlukan kompetensi yang memadai terhadap asesor akreditasi dan sekretariat KAN.

Acara dibuka oleh Plh. Kepala Pusat Akreditasi Lembaga Sertifikasi BSN selaku Plh. Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi KAN. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Heru Suseno, S.Pi, MT yang juga menyampaikan Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Sertifikasi dilanjutkan dengan Improvement Plan KAN. Tiga elemen peting yang terkait waktu proses akreditasi adalah: Asesor KAN, Sekretariat dan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK).

Salah satu elemen penting dalam akreditasi adalah Asesor. Asesor merupakan personil yang ditugaskan oleh Badan Akreditasi baik sebagai perorangan maupun sebagai bagian dari tim untuk melaksanakan asesmen suatu laboratorium dalam rangka pengakuan kompetensinya. Elemen ini sangat mempengaruhi kualitas akreditasi yang dihasilkan. Kompetensi teknis asesor menjadi suatu persyaratan mutlak yang diperlukan oleh suatu badan akreditasi apabila menginginkan hasil akreditasi dengan kualitas yang baik. Efektivitas & kredibilitas badan akreditasi tergantung pada kompetensi, profesionalisme dan integritas dari asesor.

Selain persyaratan teknis mengenai penguasaan metode penilaian dan standar penilaian terkait lembaga sertifikasi, seorang Asesor yang baik juga dituntut untuk bebas dari kepentingan komersial, keuangan atau tekanan lain atau pertentangan yang dapat menyebabkan asesor bertindak tidak independen. Asesor juga tidak boleh menawarkan jasa konsultasi pada laboratorium yang dapat menimbulkan ketidak netralan dalam proses penilaian dan keputusan akreditasi.

Materi selanjutnya yang disampaikan dalam workshop asesor sistem manajemen lingkungan adalah Akreditasi dan Sertifikasi, DPUM 01 sampai DPUM 05, yang disampaikan oleh Sekretariat KAN, Ibu Ratna. Pada Hari kedua, disampaikan SNI ISO 17021:2011, yang dijelaskan klausul per klausul oleh Kepala Bidang Akreditasi Sistem Manajemen Lingkungan selaku Manajer Akreditasi Lembaga Sertifikasi, Bapak Zul Amri, ST. Menurut standar bahwa Prinsip yang menumbuhkan keyakinan dalam sistem sertifikasi mencakup : ketidakberpihakan, kompetensi, tanggung jawab, keterbukaan, kerahasiaan, dan cepat tanggap terhadap keluhan.

Materi selanjutnya adalah Praktikal Auditing yang disampaikan pada hari ketiga oleh Asesor Kepala Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan, Bapak Ir. Rustiwan Anis, M.Sc. Materi yang disampaikan mencakup: studi kasus, penulisan lembar ketidaksesuaian dan diskusi terkait teknik auditing.

No responses yet