Archive for the 'Info IPB' Category

Sep 15 2017

Sistem Manajemen Kinerja TIN semester 1

Published by under Info IPB

Simaker 2017_smst 1

Capaian kinerja Departemen TIN untuk semester 1 tahun 2017 dilihat dari Sistem Manajemen Kinerja (Simaker)  yang mencakup lima perspektif, yaitu stakeholders, research and academic excellence, internal business prosess dan capacity building.

No Perspektif Capaian
1 Stakeholders 63,46
2 Financial
3 Research and Academic Excellence 77,51
4 Internal Business Process 97,91
5 Capacity Building 98,62
Total Capaian 83,65

Semoga semester ke-2 kinerja Departemen TIN dapat meningkat…

No responses yet

Sep 01 2017

Pemilihan Tenaga Administrasi Akademik

Published by under Info IPB,Pengabdian Masyarakat

Akademik Prestasi

Tenaga Administrasi Akademik merupakan tenaga kependidikan yang berdiri paling depan dalam pelayanan kepada mahasiswa dan dosen serta masyarakat lainnya. Tenaga Administrasi Akademik diharapkan mampu melayani dengan prima sesuai dengan aturan dan juga kebutuhan pemangku kepentingan.  Peran tenaga kependidikan untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis menjadikan perlunya tenaga kependidikan memiliki komitmen dan keprofesionalan kinerja untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kedudukan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Berkaitan dengan tenaga akademik yang mengelola layanan pendidikan dalam hal teknis administrasi ditangani oleh bagian administrasi bidang akademik.

Direktorat Jendral Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi, Kemenristek mengadakan pemilihan administrasi akademik berprestasi tahun 2017. Tujuan kompetisi dan pemberian penghargaan kepada Tenaga Administrasi Akademik berprestasi adalah memberikan pengakuan secara nyata terhadap komitmen, pemikiran yang kreatif, inovatif dan tanggung jawab dalam melayani urusan administrasi akademik untuk membantu mahasiswa, program studi/jurusan/fakultas/perguruan tinggi dan dosen dalam pelaksanaan pelayanan pembelajaran. Kompetisi dalam rangka pemberian penghargaan kepada Tenaga Administrasi Akademik berprestasi diharapkan bermanfaat dalam:

  1. Meningkatkan kinerja tenaga administrasi akademik.
  2. Mewujudkan dan melaksanakan pelayanan prima bidang akademik.
  3. Mengembangkan sistem layanan administrasi akademik yang berkesinambungan (continous improvement).
  4. Menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan di kalangan tenaga administrasi akademik terhadap profesinya.

Pada tahun ini, saya diminta oleh Departemen TIN untuk mengikuti kompetensi ini. Kompetensi ini dimulai dari pemilihan di tingkat Fakutas, lalu dilanjutkan ke tingkat IPB. Di tingkat IPB diadakan psikotest untuk memilih 5 besar, lalu dilanjutkan dengan desk evaluation dan presentasi serta wawancara oleh Tim Juri dari IPB. Berbekal portofolio serta ide kreatif inilah, akhirnya saya terpilih menjadi tenaga administrasi akademik berprestasi tingkat I IPB.

No responses yet

Aug 30 2017

Audiensi KKN-T ke Sukabumi

Published by under Info IPB

Audiensi Sukabumi

Dalam rangka implementasi Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB, Program Studi TIN mengadakan acara audiensi ke Pemda Kabupaten Sukabumi pada tanggal 29 Agustus 2017. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari kegiatan pengembangan mandat Divisi untuk Relevansi dan Inovasi. Sebelum melakukan audiensi ke Pemda Sukabumi, staf TIN melakukan kunjungan ke UMKM pembuatan moci khas sukabumi. UMKM ini melakukan produksi moci dengan beberapa varian dengan kemasan yang cukup menarik. Acara audiensi ke pemda Kabupaten Sukabumi diterima oleh Wakil Ketua Bappeda Sukabumi beserta staf dan perwakilan dari beberapa dinas terkait di Kabupaten Sukabumi.

No responses yet

Aug 26 2017

Audiensi KKN-T ke Pemda Cianjur

Published by under Info IPB

Audiensi Cianjur

Dalam rangka implementasi Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB, Program Studi TIN mengadakan acara audiensi ke Pemda Cianjur pada tanggal 25 Agustus 2017. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari kegiatan pengembangan mandat Divisi untuk Relevansi dan Inovasi. Acara audiensi ke pemda Cianjur diterima oleh Ketua Bappeda Cianjur beserta staf dan perwakilan dari beberapa dinas terkait di Kabupaten Cianjur.

No responses yet

Nov 10 2016

Pengembangan Divisi TML

Dalam rangka meningkatkan pengakuan pada Divisi Teknik dan Manajemen Lingkungan Industri (TML), Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB melalui pengkayaan atau penguatan substansi dan media promosi maka dilakukan pengembangan Web site Divisi TML. Web site yang dikembangkan sudah dapat diakses di domain labtml. Web site ini berisikan informasi terkait Profil Divisi, Sumber daya, Program Divisi dan Layanan Divisi. Semoga dengan adanya web ini akan menambah informasi bagi civitas akademika IPB maupun masyarakat luas.

Web TML

2 responses so far

Oct 30 2016

ISO 9001:2008 diraih TIN

Published by under Info IPB,Pendidikan

Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB telah dinyatakan menerapkan sistem manajemen mutu yang memenuhi SNI ISO 9001:2008 (Quality Management Systems-Requirement) dari Sucofindo International dengan nomor sertifikat QSC 01373. Adapun ruang lingkup sertifikasi adalah pelayanan administrasi akademik di Fateta dan proses pembelajaran untuk program studi sarjana di Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) dan ITP. Sertifikat ini berlaku dari 30 Juni 2016 sampai 14 September 2018.

ISO 9001:2008 merupakan sebuah standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan � persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. Sistem Manajemen ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek � praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

Sertifikat ISO 9001-2008 Fateta IPB

No responses yet

Oct 30 2016

108 Inovasi Indonesia 2016 bagi TIN

Published by under Info IPB,Penelitian

108 closing

Berdasarkan hasil Sidang Final Juri pemilihan 108 Inovasi Indonesia  2016 pada 25 Oktober 2016, telah berhasil menyepakati dan menetapkan ke 108 karya inovasi terpilih untuk dipublikasikan, maka diumumkan bahwa 4 orang staf pendidik dari Departemen Teknologi Industri Pertanian, terpilih menjadi 108 karya inovasi. Berikut nama-nama staf pendidik yang terpilih:

  1. Dr. Ir. Dwi Setyanigsih : Sintesa bioavtur berbasis CPO sebagai bahan bakar pesawat jet komersil
  2. Prof. Erliza Noor : Produksi Nanklorofil dari Sargassum Sp.
  3. Prof. Khaswar Syamsu : Bioplastik dari Nanofiber Selulosa Asetat Tandan Kosong Kelapa Sawit
  4. Prof. Nastiti Siswi Indrasti : Penerapan Teknologi Nano untuk Penanganan Limbah Padat Industri Gula

Selamat kepada para inovator terpilih , semoga dapat memacu semangat dalam menghasilkan inovasi lainnya.

No responses yet

Oct 28 2016

Pelatihan Tanggap Darurat Kebakaran 2016

Published by under Info IPB,Pengabdian Masyarakat

IMG_9183

Dalam rangka meningkatkan keahlian dan kewaspadaan tenaga kependidikan dalam pencegahan dan tanggap darurat terhadap terjadinya bahaya kebakaran di tempat kerja. Dep. TIN mengadakan kegiatan pelatihan “ Tanggap Darurat Kebakaran” yang dilaksanakan selama 1 hari di Lapangan Kampus Diploma Cilebende pada tanggal 15 Oktober 2016. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan Dept TIN sebanyak 37 orang. Acara pelatihan tersebut merupakan kerjasama antara Dept TIN dan UPTD Pemadam Kebakaran Kota Bogor (Sekarang sudah menjadi BNPBD).

Pelatihan ini dimulai dengan penjelasan oleh Bapak Jarwo selaku instruktur dari UPTD Pemadam Kebakaran Kota Bogor mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran, segitiga Api, jenis-jenis media pemadam, alat pemadam api ringan (APAR), pemasangan dan penempatan APAR, persyaratan teknis APAR dan cara penggunaan APAR dan yang terakhir penggunaan hydrant.

Dalam pelatihan ini para peserta diberi pengetahuan bagaimana cara memadamkan api baik secara manual dan memelihara serta menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Masing-masing peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan cara pemadaman api dengan menggunakan karung basah maupun menggunakan APAR. Pada sesi terakhir, para peserta diberi simulasi kebakaran yang dipadamkan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

One response so far

Aug 05 2016

Supervisi Program Praktik Lapangan

Published by under Info IPB,Pendidikan

Program Praktik Lapangan (PL) mahasiswa Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) IPB memiliki tujuan:

  1. meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan mahasiswa melalui latihan kerja dan aplikasi ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah, dan
  2. meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan permasalahan sesuai dengan bidang keahliannya secara sistematis dan interdisiplin.

Secara institusional, Praktik Lapangan bertujuan juga untuk memperkenalkan TIN ke masyarakat (industri dan pemerintah) dan mendapatkan masukan bagi pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas pendidikan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi dan kebutuhan masyarakat pengguna.

Keluaran kegiatan PL mahasiswa adalah Profil Industri yang menunjukkan kinerja industri tersebut mencakup seluruh atau sebagian dari komponen berikut (tergantung pada skala industri): input (SDM, bahan, energi, informasi), proses produksi/transformasi (fisik, kimia, biologis), output (informasi, jasa, atau produk utama, produk samping, limbah), proses pengelolaan industri, serta pengelolaan lingkungan.

Dalam rangka evaluasi pelaksanaan PL, maka pada tanggal 4 Agustus 2016 Ketua Departemen TIN melaksanakan supervisi ke lokasi PL mahasiswa. Lokasi yang dikunjungi adalah PT Indofood Sukses Makmur dan PT Sari Husada.

Supervisi PKL

One response so far

Apr 30 2016

Tour de Bali

Published by under Info IPB

Kunjungan ke Udayana

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan Tenaga Kependidikan khususnya dalam hal Administrasi dan Kearsipan, Tenaga Kependidikan Departemen Teknologi Industri Pertanian mengadakan studi banding ke Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Bali. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 April 2016. Pada kesempatan ini rombongan dari Dep. TIN di pimpin oleh Sekretaris Departemen TIN (Prof. Suprihatin) dan Sekretaris PS TIP (Dr. Taufik) beserta KTU TIN (Dra. Novi S). Rombongan diterima oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Kaprodi Teknologi Industri Pertanian, KTU Fakultas beserta Dosen dan Staf dari Udayana.

No responses yet

Next »