Sep 15 2017

Sistem Manajemen Kinerja TIN semester 1

Published by under Info IPB

Simaker 2017_smst 1

Capaian kinerja Departemen TIN untuk semester 1 tahun 2017 dilihat dari Sistem Manajemen Kinerja (Simaker)  yang mencakup lima perspektif, yaitu stakeholders, research and academic excellence, internal business prosess dan capacity building.

No Perspektif Capaian
1 Stakeholders 63,46
2 Financial
3 Research and Academic Excellence 77,51
4 Internal Business Process 97,91
5 Capacity Building 98,62
Total Capaian 83,65

Semoga semester ke-2 kinerja Departemen TIN dapat meningkat…


No responses yet

Sep 01 2017

Pemilihan Tenaga Administrasi Akademik

Published by under Info IPB,Pengabdian Masyarakat

Akademik Prestasi

Tenaga Administrasi Akademik merupakan tenaga kependidikan yang berdiri paling depan dalam pelayanan kepada mahasiswa dan dosen serta masyarakat lainnya. Tenaga Administrasi Akademik diharapkan mampu melayani dengan prima sesuai dengan aturan dan juga kebutuhan pemangku kepentingan.  Peran tenaga kependidikan untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis menjadikan perlunya tenaga kependidikan memiliki komitmen dan keprofesionalan kinerja untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kedudukan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Berkaitan dengan tenaga akademik yang mengelola layanan pendidikan dalam hal teknis administrasi ditangani oleh bagian administrasi bidang akademik.

Direktorat Jendral Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi, Kemenristek mengadakan pemilihan administrasi akademik berprestasi tahun 2017. Tujuan kompetisi dan pemberian penghargaan kepada Tenaga Administrasi Akademik berprestasi adalah memberikan pengakuan secara nyata terhadap komitmen, pemikiran yang kreatif, inovatif dan tanggung jawab dalam melayani urusan administrasi akademik untuk membantu mahasiswa, program studi/jurusan/fakultas/perguruan tinggi dan dosen dalam pelaksanaan pelayanan pembelajaran. Kompetisi dalam rangka pemberian penghargaan kepada Tenaga Administrasi Akademik berprestasi diharapkan bermanfaat dalam:

  1. Meningkatkan kinerja tenaga administrasi akademik.
  2. Mewujudkan dan melaksanakan pelayanan prima bidang akademik.
  3. Mengembangkan sistem layanan administrasi akademik yang berkesinambungan (continous improvement).
  4. Menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan di kalangan tenaga administrasi akademik terhadap profesinya.

Pada tahun ini, saya diminta oleh Departemen TIN untuk mengikuti kompetensi ini. Kompetensi ini dimulai dari pemilihan di tingkat Fakutas, lalu dilanjutkan ke tingkat IPB. Di tingkat IPB diadakan psikotest untuk memilih 5 besar, lalu dilanjutkan dengan desk evaluation dan presentasi serta wawancara oleh Tim Juri dari IPB. Berbekal portofolio serta ide kreatif inilah, akhirnya saya terpilih menjadi tenaga administrasi akademik berprestasi tingkat I IPB.


No responses yet

Aug 30 2017

Audiensi KKN-T ke Sukabumi

Published by under Info IPB

Audiensi Sukabumi

Dalam rangka implementasi Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB, Program Studi TIN mengadakan acara audiensi ke Pemda Kabupaten Sukabumi pada tanggal 29 Agustus 2017. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari kegiatan pengembangan mandat Divisi untuk Relevansi dan Inovasi. Sebelum melakukan audiensi ke Pemda Sukabumi, staf TIN melakukan kunjungan ke UMKM pembuatan moci khas sukabumi. UMKM ini melakukan produksi moci dengan beberapa varian dengan kemasan yang cukup menarik. Acara audiensi ke pemda Kabupaten Sukabumi diterima oleh Wakil Ketua Bappeda Sukabumi beserta staf dan perwakilan dari beberapa dinas terkait di Kabupaten Sukabumi.


No responses yet

Aug 26 2017

Audiensi KKN-T ke Pemda Cianjur

Published by under Info IPB

Audiensi Cianjur

Dalam rangka implementasi Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB, Program Studi TIN mengadakan acara audiensi ke Pemda Cianjur pada tanggal 25 Agustus 2017. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari kegiatan pengembangan mandat Divisi untuk Relevansi dan Inovasi. Acara audiensi ke pemda Cianjur diterima oleh Ketua Bappeda Cianjur beserta staf dan perwakilan dari beberapa dinas terkait di Kabupaten Cianjur.


No responses yet

Aug 15 2017

Apendiculla cornuta

Published by under Anggrek,Lingkungan

Apendiculla cornuta

Appendicula adalah genus anggrek dengan lebih dari 130 spesies yang didistribusikan di Cina, India, Thailand, Vietnam, Malaysia, Indonesia, New Guinea, Filipina, Kaledonia Baru dan kepulauan Pasifik.  Biasa hidup sampai 2000 meter diatas permukaan laut di hutan dataran rendah yang lembab, hutan cemara primer, dan berdaun lebar sebagai tumbuhan kecil dan menengah, merupakan tanaman epifit atau litofit pada permukaan kapur dengan batang memanjang, sedikit zig-zag, tegak, tidak bercabang, memiliki batang yang panjang, daun berbentuk bulat panjang, elips, lonjong, bunga yang sangat cekung yang membawa bunga tertutup, masing-masing memiliki daun dan warnanya kuning seiring bertambahnya usia.

Tanaman ini saya gantung pada batang tanaman yang sudah mati. Appendicula merupakan anggrek yang sangat unik karena bunganya sangat kecil (sekitar 5 mm). Taksonomi Appendicula cornuta adalah:

Kingdom : Planthae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Ordo : Orchidales
Familia: Orchidaceae
Subfamilia: Epidendroideae
Tribus: Podochileae
Subtribus: Eriinae
Genus: Appendicula
Species: Appendicula cornuta Blume (1825)

 


No responses yet

Jun 05 2017

Perangko seri anggrek

Published by under Anggrek

Perangko edisi anggrek

Menyambut usia 200 tahun Kebun Raya Bogor, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor meluncurkan perangko seri khusus kekayaan anggrek Indonesia. Peluncuran perangko seri anggrek ini bertepatan dengan puncak perayaan 2 abad Kebun Raya Bogor yang jatuh pada tanggal 18 Mei 2017.

Perangko seri anggrek ini merupakan lanjutan dari perangko Negara Kesatuan RI dalam Puspa, yang digagas oleh Megawati Soekarno Putri saat meresmikan Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor pada 2002 silam. Sebanyak 34 jenis anggrek dari seluruh Indonesia dibuat dalam bentuk perangko seri kali ini. Jenis anggrek yang dijadikan perangko dipilih berdasarkan asal atau areal distribusinya serta keberadaan anggrek tersebut di Kebun Raya Bogor


No responses yet

Apr 04 2017

Acriopsis lilifolia

Published by under Anggrek

Acriopsis lilifolia

Pertumbuhan anggrek ini adalah termasuk epiphyte sympodial, memiliki bentuk pertumbuhan yang menggumpal. Memiliki jenis daunan bentuk pseudobulbs masing-masing beruang 2 daunnya berbentuk kecil dan berbentuk bulat panjang. Bunga-bunga dihasilkan pada perbungaan panjang dan bercabang yang berasal dari pangkal pseudobulb dan bisa menampung hingga 200 bunga. Bunganya berbentuk silang, sepal lateral bagian bawah menyatu. Kelopak berwarna putih dengan bintik ungu di ujung kelopak bunga. Bibir bunga berwarna putih dengan tempelan ungu di bagian tengah bibir.  Distribusi tanaman ini tersebar di daerah Himalaya, Andaman Islands, Cambodia, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Borneo, Jawa, Lesser Sunda islands, Malaya, Maluku, Philippines, Sulawesi, Sumatera, New Guinea, Solomon Islands, Australia (Queensland) and Caroline Islands. Warna teduh (ungu dan putih) dan kelembaban yang rendah serta dalam kondisi hangat, kondisi pertumbuhan untuk memiliki bunga anggrek epifit ini pada musim semi dan musim panas, panjang 22″ [25 cm] tegak.

Anggrek epifit. Pseudobulb: ovate, menggerombol. Daun: 2-4 tiap pseudobulb, bentuk pita memanjang, 28  x  2 cm. Bunga: majemuk malai, panjang tangkai 60 cm, kuntum kecil, diameter 1-2 cm, sepala dan petala putih-kuning  pucat dengan bercak coklat kemerahan di bagian tengah. Labellum: terbuka lebar, putih, merah di bagian tengah. Taksonomi tanaman ini adalah:

Subtribus: the Acriopsidinae
Genus: Acriopsis
Species: lilifolia

 


No responses yet

Feb 25 2017

Dendrobium salaccense

Published by under Anggrek,Lingkungan

D. Salaccense

Dendrobium adalah salah satu generasi anggrek epifit sekitar lebih dari 1000 species yang biasa digunakan sebagai tanaman hias ruang atau taman. Bunganya sangat bervariasi dan indah. Dendrobium relatif mudah dipelihara dan mudah berbunga. Untuk para pemula yang ingin merawat anggrek sebaiknya memilih tipe dendrodium. Dendrobium sendiri berasal dari bahasa Yunani, dendros artinya pohon dan bios artinya hidup. Dendrobium mencerminkan tumbuhan yang menempel pada satu pohon sebagai epifit.

Dendrobium salaccense merupakan koleksi saya yang saya simpan di batang pohon jambu air. Memiliki bunga warna putih kekuningan dengan ukuran yang cukup relatif kecil (sekitar 3 cm) .  Distribusi tanaman ini tersebar di negara China, Tibet, Sri Lanka, Myanmar, Thailand, Vietnam, Borneo, Indonesia, Singapore dan Peninsular Malaysia. Taksonomi tanaman ini adalah:

Kingdom : Planthae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Ordo : Orchidales
Famili : Orchidaceae
Sub famili : Epidendroidae
Suku/Tribe : Malaxideae (Dressler & Dodson, 1960), Epidendreae (Comber, 1960), Dendrobieae (Chan et al., 1994)
Sub tribe : Dendrobiinae
Genus : Dendrobium
Species : D. Sallaccense


No responses yet

Nov 10 2016

Pengembangan Divisi TML

Dalam rangka meningkatkan pengakuan pada Divisi Teknik dan Manajemen Lingkungan Industri (TML), Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB melalui pengkayaan atau penguatan substansi dan media promosi maka dilakukan pengembangan Web site Divisi TML. Web site yang dikembangkan sudah dapat diakses di domain labtml. Web site ini berisikan informasi terkait Profil Divisi, Sumber daya, Program Divisi dan Layanan Divisi. Semoga dengan adanya web ini akan menambah informasi bagi civitas akademika IPB maupun masyarakat luas.

Web TML


2 responses so far

Oct 30 2016

ISO 9001:2008 diraih TIN

Published by under Info IPB,Pendidikan

Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB telah dinyatakan menerapkan sistem manajemen mutu yang memenuhi SNI ISO 9001:2008 (Quality Management Systems-Requirement) dari Sucofindo International dengan nomor sertifikat QSC 01373. Adapun ruang lingkup sertifikasi adalah pelayanan administrasi akademik di Fateta dan proses pembelajaran untuk program studi sarjana di Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) dan ITP. Sertifikat ini berlaku dari 30 Juni 2016 sampai 14 September 2018.

ISO 9001:2008 merupakan sebuah standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan � persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. Sistem Manajemen ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek � praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

Sertifikat ISO 9001-2008 Fateta IPB


No responses yet

Next »